Sabtu, 07 Januari 2012

tips : cara mencari kost-an yang nyaman di JOGJA


happy 2012. dragon-water year! ;)

syukurnya di awal 2012 ini semua bermula dengan baik. yang paling baik lagi karena sudah menemukan tempat tinggal sementara a.k.a kost-an yang cocok, gue banget, dan ga begitu selangit harganya. what a amazing beginning year! :D

berkaitan dengan hal itu, mau bagi-bagi nih cara menemukan kost-an yang apik-apik di Jogja, well karena permintaan tidak sebanding dengan penawaran. kost bagus serta murah dan berfasilitas di Jogja memang susah ditemukan, bukan karena dikit, tp karena mereka jarang pasang iklan, ngga nempelin label : "menerima kost", atau tempatnya sama sekali ngga terlihat sebagai kost-an.

tips ini baik buat cewek dan cowok. so, sila disimak. :)


1. Carilah kost-an dengan kaki sendiri! Temukan. Bukan berasal dari koran, iklan di tiang listrik, atau kata orang (kecuali teman terpercaya yang kamu kenal). Why?
KARENA, iklan itu palsu, penuh bumbu atau pemanis buatan. Gak ada dong yang mau jelek-jelekin diri di iklan? :)


2. Jangan berharap dan terpaku sama kost-kost di sekitar kampus. Perluas pencarian, biasanya kost yang ngga terlalu dekat sama kampus itu pewe (tp bukan berarti yg deket kampus jelek, ada yang bagus tp karena dekat yaaa, diserbu).


3. Nanya! Malu bertanya sesat di jalan. Well, walaupun jangan percaya iklan, ngga ada salahnya bertanya sama sesama mahasiswa, orang sekitar, minimal kita tahu letak-letak tempat kost. Dan ketika survey, banyak-banyak bertanya sama empunya kost/penjaga kost. Daripada nyesel kemudian? :)


4. Lebih baik cari kost TIDAK BEBAS. kenapa? karena sepengalaman penulis, kost-kostan TIDAK BEBAS itu NYAMAN SEKALI. tidak bebas bukan berarti lain jenis sama sekali ngga boleh masuk, tapi... ada batasan. :)
Misal: ada ruang tamu (penting, masa tamu lawan jenis mau ditaro di teras? kasian juga), kost terawasi dengan baik (oleh bapak kost, oleh penjaga kost, dsb), boleh masuk kamar tapi buka pintu, jendela, dsb (biasanya kalo ngga ada ruang tamu).


5. Cari kost yang mempekerjaan orang untuk bersih-bersih. WHY? Karena dengan begitu kost-annya bersih! Ngga akan kumuh.


6. Perhatikan DAYA LISTRIK dan PEMBAYARAN UANG LISTRIK. sistem pembayaran listrik biasanya beda-beda. ada yg tergantung bawaan, ada yg tiap bulan sudah dipatok dan bebas bawa apa aja (kost cowok kebanyakan gini --ngiri deh), ada yg diatur sama anak kost sendiri. Menurut penulis pribadi, harga yg sudah dipatok itu paling nyaman jika kamu punya buanyaaak banget barang elektronik (ky penulis), buat yang bawaannya sedikit, bisa milih yg tergantung bawaan (hemat!). yg terakhir, agak-agak riskan, krn kalo bayarnya giliran, siap-siaplah nombok ketika ada yang gak bayar.

dan, pilih daya listrik yg sesuai kebutuhan. kalo bawa tipi, rice cooker, dispenser, ya jgn yg daya 900watt tp kamar kost-nya banyak. --"


7. BANYAK-sedikitnya kamarkos serta LUAS kamar kost dan ruang terbuka kost mempengaruhi kebisingan kost!


8. LIHAT ATURAN tertulis! Rata-rata, kost di jogja punya aturan tertulis, jd gausah susah-susah ini-itu bingung sendiri.

9. JAM MALAM. Buat kost-an putri baiknya yang pakai jam malam, kenapa? karena pastinya kamu ngga akan di cap macam-macam karena pulang tengah malam (kecuali kalau kamu kerja ya kost di tempat karyawan krn aturannya pasti beda).
Kost-an cowo rata-rata lebih longgar soal jam malam. Kenapa? Karena belum pernah ada cowok yang hamil kalau pulang kemalaman/pagi sekalian.

10. KAMAR MANDI, AIR, FASILITAS lainnya.
Perhatikan kualitas air ketika kamu survey, karena kualitas air penting. Gak mau kan mandi dengan air yang mendadak hitam di musim hujan? Atau gak mandi ketika kemarau karena sumur kering?

Toilet dan Kamar mandi. Biasanya ini tempat paling jorok, jijik. Tapi, kost-kost bagus kamar mandi dan toiletnya pasti bersih-bersih dan wangi. :)

DAPUR. Kalau kamu suka masak, carilah yang ada dapurnya.

ISI KAMAR. ada kost yang sudah ada isi kamarnya, ada yg kosongan. bandingkan saja dengan harga, cocokan dengan kebutuhan. :)

KEAMANAN. pstikan kost-an aman, jangan ada sejarah ada yang suka kehilangan. jangan ambil tempat horor juga. apalagi dekat kuburan. bukan karena fengshui ga bagus, tapi sanitasi dekat kuburan sangaaaaat jelek. bayangkan, ada tubuh membusuk di bawah tanah, tapi kamu pakai air tanah? WOW.


11. HARGA.
Kenapa ditulis terakhir? Buat penulis, harga harus selalu dibandingkan dengan fasilitasnya. Ada rupa Ada harga. Well, kalau harganya agak mahal tapi fasilitas oke, kenapa ngga?

Sekedar info, di bandung kost seharga 450rb/bulan-kamar mandi luar itu sama dengan kost di Jogja harga 200rban.
Kalau di Jogja ada kost bagus tapi sudah 7 digit tiap bulannya, hum, ya pikir ulang deh. Itu kemahalan, sekelas hotel. Kalau ortu-mu sanggup sih, kenapa ngga?

Karena kurang dr setengah harga saja, kamu bisa dapat fasilitas mirip (gapake AC tapi ya, apalagi tv LCD, fasilitas std : ranjang, lemari, meja belajar dgn luas kamar yg LUAS, kamarmandi dalam pula >>curhat)



Well, segitu dulu. Bau-baunya modem mau abis. ini tanggal 7 kan? :o
Kalau ada yang punya pertanyaan, silakan tinggalkan komentar, insya Allah dijawab.
Semua tulisan di atas, semata-mata pengalaman sendiri. :)

-regards, puterihujan-

4 komentar:

iqbalradhibillah mengatakan...

ow sma brarti,. tipsny bsa jga buat cari kos2an d bandung,.:)

puteri hujan mengatakan...

wah, sama yah..
cm ukuran mahal/murah aja bedanya..
;)

sok kalo ada yg mau ditanyain.hehehe. :D

A Field Full of Hopes mengatakan...

ngebantu banget, mbaak! aakasyi banyak yaaa

Unknown mengatakan...

Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang tips mencari kost berikut artikel yang terkait tersebut di TIPS MENCARI KOST SESUAI DENGAN HARAPAN

NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin